Adsense Banner Top

Cara Mengisi Waktu Luang untuk Hal-hal yang Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI IKIIKU.NET

Ini adalah postingan pertama saya yang semoga bermanfaat untuk kalian, dan terutama untuk diri pribadi saya ... amin

 9 HAL BERMANFAAT YANG BISA DILAKUKAN PADA WAKTU LUANG
Waktu luang atau istilah bahasa inggrisnya Free Time, adalah waktu dimana kita tidak melakukan suatu pekerjaan yang berarti.Setiap orang pasti punya waktu luang/free time yang mereka gunakan secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan sesuatu.
Sebagai contoh, Ali seorang pelajar dia bersekolah dari jam 07.00 sampai jam 14.00, setelah itu Ali mengikuti ekstrakulikuler yang ada di sekolahnya, dan pulang jam 16.00.
Dari jam 16.00 sampai waktu mahrib (18.00) Ali tidak melakukan pekerjaan yang berarti.
Nah, disitulah, waktu luang Ali.
Tapi ingat, tulisan diatas cuma contoh, setiap orang mempunyai waktu  luang yang berbeda.
Pertanyaanya, Bagaimana sih, cara mengisi waktu  luang agar bermanfaat?
 

1. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK MENEKUNI HOBI




Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan . Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan pendidikan.
Hobi juga merupakan salah satu faktor kesuksesan, karena seseorang akan melakukan hobinya dengan penuh suka rela dan kesenangan. itu yang membuat orang-orang sukses karena hobinya.


2. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK BERLATIH



Dengan berlatih akan membuat sempurna, itulah salah satu kata pepatah yang sering saya baca.
Dengan menggunakan waktu luang kita untuk berlatih, berarti kita sudah selangkah lebih maju untuk membuat diri kita semakin profesional.
Berlatih apapun, entah olahraga, alat musik, tari-tarian, dan lain sebagainya, termasuk juga kita mengikuti ekstrakulikuler yang ada di sekolah (pramuka, pmr, pencak silat dll.)





3. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK BELAJAR

 


Belajar merupakan kewajiban bagi setiap siswa.

 "Aku kan udah lulus kaka"
Tak ada... Belajar tetap wajib untuk kita lakukan entah kita sudah lulu ke, sudah dapat gelar profesor ke, atau bergelar sangat panjang sekalipun, kita harus tetap belajar.

Belajar yang baik adalah ketika kita benar-benar merasa nyaman dengan situasi di sekeliling kita, maka dari itu usahakan ketika akan belajar, buat diri kita senyaman mungkin.
(setiap orang berbeda untuk merasakan nyaman, dan hanya orang tersebutlah yang mengerti bagaimana dia merasa nyaman).


4. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK EVALUASI IRI



Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini.
Berhentilah ingin menjadi yang terbaik, cukup dengan kita menjadi lebih baik dari hari kemarin adalah lebih baik untuk kita lakukan.
Dengan demikian, tak ada waktu untuk kita membicarakan kekurangan orang lain


5. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK BERKREASI  




Ya, setiap manusia pasti punya keunikan, entah apapun itu.
Berkreasilah, berkaryalah, dengan karya kita akan dikenang, walau jasad telah tiada.
Karya apa pun itu, puaskan batin kita dengan berkarya.


6. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK BERSOSIALISASI



Kita tidak hidup sendiri di dunia ini, sebagai manusia kita adalah mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, dengan bersosialisasi, serasa hidup lebih bermakna.
Ingat, kita juga adalah orang lain bagi orang lain, jika kita berfikir "tak ada yang memperdulikan saya", cobalah sedikit kita ubah kalimat tersebut dengan pertanyaan "kenapa saya tak berusaha menjadi orang yang memperdulikan orang lain ?"


7. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK BERCENGKRAMA



Ketika materi adalah prioritas kita, bahkan kita anggap sebagai tujuan hidup ini, hakikatnya kita tak akan mendapatkan apa apa, selain dari rasa capek dan pegal.
Cobalah untuk memberi makna dalam hidup, dengan kita melakukan sesuatu (tak harus bernilai materi), seperti memberi sedekah, menyantuni anak yatim/kaum duafa, serta berkumpul dengan keluarga untuk melepas lelah selama seharian bekerja.


8. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK ILMU PENGETAHUAN 



Jangan sampai aktifitas kerja kita seharian hanya menyisakan lelah dan capek, nikmati dan setelah itu sisakan tenaga kita dengan mencari informasi / ilmu pengetahuan-ilmu pengetahuan yang akan berguna bagi kita. Karena, sekarang ilmu pengetahuan sudah sangat berkembang pesat. Ngga mau kan kita ketinggalan zaman ?




9. GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK IBADAH TAMBAHAN



Disadari atau tidak disadari, ibadah adalah salah satu kebutuhan disamping kewajiban kita.
Ibadah akan meringankan beban kita.
Sesibuk apapun kita, jangan pernah sekali-kali kita tinggalkan ibadah, karena bagaimana jalan kita akan mudah, sementara kewajiban kita tinggalkan.
Di sela-sela waktu luang yang kita punya, menambah tambahan ibadah adalah salah satu hal yang sangat bermanfaat, disamping kita akan lebih dekat dengan Sang Pencipta, beban kita akan terasa lebih ringan.

Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah