Adsense Banner Top

Kesehatan : Bahaya Tidur Setelah Sahur dan Tips Setelah Makan Sahur


IKIIKU.NET - Makan sahur di setiap dini hari adalah kebiasaan bagi setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, setelah selasai makan biasanya akan terasa kantuk karena otak mengirimkan sinyal ke organ untuk segera mencerna makanan dan mengarahkan sel-sel darah merah menjauh dari organ untuk membantu mencerna makanan tersebut, sehingga mengakibatkan otak kekurangan darah dan menyebabkan kantuk.

Tetapi, pernahkan kita berfikir, apakah tidur setelah sahur itu baik bagi kesehatan tubuh kita?

Ternyata ada beberapa bahaya yang disebabkan oleh tidur setelah makan sahur tersebut, apa saja bahanya ?.



BAHAYA TIDUR SETELAH MAKAN SAHUR

1. Asam Lambung

Asam lambung bergerak dari lambung menuju ke kerongkongan dan membuat tubuh merasakan sensai terbakar. Hal itu terjadi karena letak katup antara kerongkongan dan lambung yang tidak menutup.

Jika kondisi ini tidak segera ditindaklanjuti atau diobati, kemungkinan akan menyebabkan kerusakan pada selaput lendir tenggorokan yang menyebabkan komplikasi tingkat lanjut.

2. Diabetes

Bahaya tidur selanjutnya adalah diabetes, hal ini disebabkan karena kadar gula darah naik di pagi hari, tetapi tidak makanpun sebelum tidur juga dapat menyebabkan kadar gula rendah (hipoglikemia).

Pilihan yang tepat untuk mencegah gula darah naik adalah mengonsumsi makan kaya protein (telur, susu, daging, ikan) dan sumber kabohidrat kaya serat (gandum, beras merah, nasi jagung, kentang dan singkong)

3. Risiko Berat Badan Naik

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa makan apapun di malam hari adalah kontraproduktif dengan tidur nyenyak dan kesehatan yang baik secara umum, karena membuat tubuh tidak memiliki kemampuan membakar kalori. Hal ini juga mungkin berlaku ketika Anda tidur setelah makan sahur.

4. Gangguan Tidur

Tidur setelah sahur dapat menyebabkan sakit perut, kembung, rasa nyeri, tidak nyaman dan perut terasa penuh. Jika pada sahur mengonsumsi makanan pedas, padat, dan berlemak menyebabkan masalah pencernaan.

5. Stroke

Tidur setelah sahur dapat meningkatkan risiko struk, disimpulkan oleh para peneliti di Yunani.
Pada sebuah Fakultas Kedokteran Universitas Ioannina yang mencakup sekitar 500 peserta yang 250 diantaranya mengalami stroke sebelumnya, sementara 250 orang lainnya didiagnosis dengan kondisi medis sebagai sindrom Konorer Akut.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa tidur setelah empat hingga lima jam setelah makan memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.
Teori ini mungkin juga berhubungan antara asam lambung dengan sleep apnea yang bisa mengakibatkan stroke.

6. Heartburn

Naiknya asam lambung dan menyebar ketenggorokan atau dada mengakibatkan tidur terasa nyaman, 
dan menyebabkan sendawa dan terasa asam di mulut.
Kondisi ini akan mengakibatkan gangguan tidur seperti yang disebut diatas.

7. GERD

Gastroesophageal Reflux (GERD) adalah kondisi ketika pencernaan tidak tepat, ketika makanan yang dicerna dalam perut naik ke kerongkongan, yang memungkinkan asam lambung naik dan terasa sensasi terbakar yang mungkin terjadi di tenggorokan.

Setelah kita tahu, bahaya tidur setelah makan sahur, selanjutnya bagaimana ?



TIPS SETELAH MAKAN SAHUR
  1. Waktu yang disarankan untuk tidur setelah sahur adalah dua hingga tiga jam setelah makan, ini akan memberi kesempatan pada tubuh untuk menyerap dan mencerna makanan yang baru kita makan.
  2. Tidak segera mandi setelah makan.
  3. Tidak merokok.
  4. Tidak makan buah segera setelah makan.

Demikianlah bahaya dan tips setelah makan sahur,
Mulai sekarang, ayo kita jaga kesehatan kita dengan hidup sehat !


Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah