Adsense Banner Top

Macam-macam Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita


IKIIKU.NET - Mata adalah indra penglihatan yaitu salah satu dari lima indra yang manusia miliki secara umum dan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia.
Seperti halnya anggota badan yang lainnya, mata juga perlu dirawat dan dijaga kebersihannya serta juga diberi asupan makanan mengandung vitamin yang berguna untuk kesehatan mata.

Berikut ini adalah daftar makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata :


1. Wortel

Dengan makan satu buah wortel berukuran sedang, kita sudah memberikan tubuh sekitar 5.000 IU Vitamin A, yang pada gilirannya akan membantu menjaga mata agar tetap sehat.

2. Brokoli, Kubis, Paprika

Ketiganya harus ada di satu menu makanan kita jika ingin mencegah masalah penglihatan. Selain kaya akan vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, juga mengandung antioksidan yang bekerja dengan cara menakjubkan untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata.

3. Kale, Bayam, dan Sayuran Hijau Tua

Di dalam ketiga sayuran tersebut terkandung zeaxanthin dan lutein, fungsinya untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata. Sayuran kale, bayam dan sayuran hijau tua juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. 

4. Makanan Laut

Makanan Laut sangat terkenal sebagai sumber asam lemak dan omega-3 yang baik, selain membantu menurunkan kolesterol, juga bisa meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah AMD (degenetasi makula akibat usia). Untuk menjaga kesehatan mata, maka kita harus menyertakan ikan tuna, salmon, dan sarden dalam menu makanan.

5. Jagung

Jagung adalan salah satu sumber makanan yang mengandung zeaxanthin dan lutein yang baik untuk mata, jagung juga mengandung antioksidan lain yang baik untuk kesehatan mata. Menariknya. kita dapat meningkatkan jumlah lutein dalam jagung jika kondisinya sudah dimasak.

6. Telur

Telur baik untuk mata karena mengandung protein, vitamin E, lutein, dan omega-3. wah sangat banyak bukan ?

7. Jeruk

Tak salah lagi, jeruk merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin C, kita membutuhkan vitamin C untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh, selain itu vitamin C juga bekerja untuk mencegah AMD.

8. Blueberry

Selain menurunkan risiko glaukoma dan katarak, blueberry juga melindungi kita dari kanker, penyakit jantung, dan kondisi lainnya. Konsumsi blueberry secara teratur juga dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar.

9. Kentang

Kentang mengandung beta-karoten dan vitamin lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan mata kita.
Cukuplah kita potong tipis-tipis dan panggang dengan oven dengan sedikit minyak zaitun, nikmatilah olahan kentang yang sehat.

10. Biji-bijian

Beras merah, quinoa, roti gandum, dan gandum utuh adalah sumber karbohidrat yang mengandung zinc, vitamin E, niasin, dan nutrisi lain yang dapat meningkatkan kesehatan mata kita.

Demikianlah, artikel tentang Macam-macam Macam-macam Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita, baca artikel menarik lainnya di Sini








Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah