Adsense Banner Top

Pengertian Musik : Definisi Musik dan Unsur-unsur Seni Musik

Selamat datang kembali di IKIIKU.NET, di artikel PENGERTIAN MUSIK : DEFINISI MUSIK
pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang musik.



Siapa yang tak kenal musik, sepertinya hampir di seluruh penjuru dunia kita akan menemukan musik dengan ciri khasnya masing-masing, musik timur tengah, musik barat, apalagi ketika kita bicara musik di Indonesia, rasanya banyak sekali ragam musik di Indonesia, mulai dari Sabang sampai merauke punya ciri khasnya masing-masing. Tetapi kali ini kita tidak akan membahas jenis atau macam-macam musik tersebut, mungkin next post kita bisa bahas musik lebih dalam lagi.

Definisi Musik Menurut Wikipedia

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.
Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

Dari definisi di atas bisa kita pahami bahwa musik adalah susunan daripada irama, lagu, nada dan keharmonisan suara yang dihasilkan dari alat musik ataupun suara manusia, yang nantinya dari susunan-susunan tersebut kita akan sebut sebagai unsur-unsur musik, berikut adalah unsur-unsur musik :

Unsur-unsur Musik

  1. Melodi ; Melodi merupakan tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam mudik
  2. Irama / Ritme ; Irama / Ritme merupakan rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi dasar dari musik
  3. Birama ; Birama adalah salah satu unsur seni musik yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang, datang secara teratur dan berulang-ulang
  4. Tangga Nada ; Tangga nada merupakan urutan dari suatu nada yang disusun membentuk tangga nada.
  5. Harmoni ; Harmoni merupakan keselarasan paduan bunyi.
  6. Tempo ; Tempo merupakan ukuran kecepatan birama lagu.
  7. Dinamika ; Dinamika dalam seni musik dapat diartikan sebagai tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut.
  8. Timbre ; Timbre merupakan kualitas atau warna bunti dalam seni musik.
Demikian pembahasan tentang Definisi Musik dan Unsur-unsur Musik, seperti yang dijelaskan diatas, musik akan harmoni ketika unsur-unsur musik yang lainnya saling memperkuat, dan akan menghasilkan musik yang indah, semoga artikel diatas sedikit banyaknya bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah