Adsense Banner Top

Cara Mudah Menjadi Youtuber Untuk Pemula

Ilustrasi Youtuber

IKIIKU.NET
- Menjadi seorang youtuber menjadi salah satu profesi yang diminati belakangan ini, karena semakin banyaknya orang yang tahu kesuksesan seorang youtuber seperti Atta Halilintar dengan penghasilan yang fantastis setiap bulannya.

Namun, yang perlu digaris bawahi menjadi seorang youtuber tidak semudah apa yang dibayangkan, kita setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria yang akan kita bahas di bawah ini.

Cara Mudah Menjadi Youtuber Untuk Pemula

Untuk memulai menjadi seorang youtuber kita harus mempunyai channel youtube, bagi kalian yang sudah mempunyai channel youtube kalian bisa skip proses ini, tapi jika kalian belum mempunyai channel youtube silakan lakukan langkah dibawah ini :


  • Kunjungi youtube.com, kemudian klik Foto Profil kita dan kita akan diarahkan untuk membuat channel youtube dengan mengisi nama profil kita.
  • Buat nama channel yang unik yang belum ada di youtube, lebih baik kita menggunakan nama yang mewakili isi channel kita, atau kalau kita bingung kita bisa menggunakan nama asli kita.
  • Upload gambar atau foto profil
  • Upload Banner channel atau header channel dengan ukuran 2560 x 1440 piksel, saya sudah menulis artikel sendiri tentang membuat header channel silakan kunjungi link ini.
  • Sampai disini kita sudah cukup untuk memulai sebuah channel youtube, namun jika ingin lebih detail lagi silakan isi deskripsi channel.


Kemudian langkah selanjutnya adalah kita menyiapkan konten atau video yang akan kita upload, dibawah ini kita akan sedikit mengulas beberapa tips agar channel kita bisa berkembang dan sukses :

1. Siapkan konten yang unik

Kenapa saya langsung berbicara konten?, karena 90% dari kesuksesan seorang youtuber ada di kontennya yang unik, coba kita lihat sedikit contoh youtuber terkenal seperti Dedy Courbuzier, dengan konten motivenya, Raditya Dika, dengan konten humor dan paranormal experiencenya, kemudian Arif Muhammad dengan konten Mak Betynya atau Mael Le, dengan konten cerita komedinya.

Masing masing mereka mempunyai konten yang unik dan mempunyai ciri khas masing-masing.
Sayangnya youtuber yang tadi saya sebutkan diatas adalah youtuber dengan modal yang tak sedikit, bahkan mereka sudah mempunyai tim sendiri.

Coba kita lihat youtuber yang lainnya, contoh Pak Ndul di channel youtube Waton Guyon, yang bisa kita sebut sebagai youtuber dengan modal minim, karena peralatan yang dipakai sangat sederhana, hanya sebuah kamera dan satu orang yang memegang kameranya.

Namun karena konten videonya unik, channel tersebut bisa sukses sampai sekarang dan subscribernya terus bertambah banyak.

2. Konten Tertarget

Masih membahas tentang konten, karena seorang youtuber membutuhkan viewer atau penonton, jadi kita harus menargetkan penonton kita, agar hasilnya maksimal alangkah baiknya channel kita membahas satu niche atau topik saja. 

Misalnya konten kita tentang makan, jadi target kita adalah orang suka dengan kuliner, dan teruslah buat konten dengan konsisten

3. Upload Video Secara Konsisten

Algoritma youtube dari tahun ke tahun terus berubah dan berkembang, jika dulu algoritmanya adalah dengan melihat jumlah subscriber, jadi semakin banyak subsriber akan lebih direkomendasikan oleh youtube

Namun tahun ini rekomendasi youtube sudah tidak lagi terpaku kepada jumlah subsriber, tetapi lebih kepada konten, yaitu klik tayangan dan watch time.

48jam pertama saat kita upload video, youtube akan segera mempromosikan video kita kepada penonton yang sesuai dengan judul video kita, dan tag yang ada di video kita.
Jika banyak yang klik video kita, artinya video kita menarik bagi penonton. 

Kemudian, algoritma selanjutnya ditentukan oleh watchtime, seberapa lama penonton betah menonton video kita, semakin lama penonton melihat video kita, semakin baik bagi kita dan youtube akan lebih merekomendasikan video kita kepada penonton lainnya.

Dan agar rekomendasi video kita maksimal, kita bisa meningkatkannya dengan konsisten upload video minimal seminggu sekali. Bila kita mampu lebih baik kita upload setiap hari, karena youtuber yang sering upload akan lebih disukai oleh youtube.

4. Upload gambar tumbnail kostum

Ketika kita upload video, makan kita akan melihat thumbnail atau tampilan awal video kita jika dilihat sepintas, usahakan kita mengustom thumbnail tersebut dengan gambar yang unik, membuat penasaran, mewakili konten kita.

Karena algoritma youtube yang saya katakan diatas, dimulai dari penonton melihat video kita diawal, semakin banyak yang klik video kita semakin bagus untuk kita, namun perlu yang diingat, kita jangan membuat click bait, artinya gambar thumbnail tidak sesuai dengan video yang mengakibatkan 
penonton kecewa dengan video kita dan segera meninggalkan video kita, hal tersebut bisa menjadi sebuah nilai negatif di mata youtube karena penonton merasa dibohongi oleh videonya.

5. Kualitas dan Kuantitas Video

Kalau kita berbicara kualitas video dan kuantitas video, yang lebih diunggulkan oleh youtube sekarang adalah kuantintas.

Namun, walaupun kuantitas yang utama, bukan berarti kita mengupload video seenaknya dengan kualitas yang rendah.

Usahakan kita seimbangkan antara kualitas dan kuantitas, maka itulah alasan kita bisa upload minimal seminggu sekali, karena kita tahu membuat konten berkualitas membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

6. Promosi Channel

Kita promosikan channel youtube kita seperti di media sosial facebook, instagram, twitter, whatsapp, dan kabari kerabat dan keluarga kita serta teman kita agar mendukung kita, karena awal channel dibuat belum banyak orang tahu tentang channel kita, jadi untuk pertama kali, kita harus mempromosikan channel kita.

Kita bisa juga promosi lewat ads google, dengan berbayar. 

7. Berdo'a

Karena semua kesuksesan kita di dunia ini tidak lepas dari Kehendak-Nya, kita harus terus berdo'a agar kita terus diberi petunjuk oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.
Demikianlah informasi tentang Cara Mudah Menjadi Youtuber Untuk Pemula

Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah