Adsense Banner Top

Pengalaman Pribadi Saat Interview Kerja dan Tips Saat Interview Agar Lolos Rekrutmen




IKIIKU.NET - Bagi seorang freshgraduate atau seorang yang baru lulus sekolah yang ingin melanjutkan untuk bekerja pasti akan merasa deg-degan dengan sesi interview kerja ini.
Apa pasal ? karena itu adalah salah satu faktor yang menjadi penentu kita masuk ke sebuah perusahaan atau tempat kerja kita nanti.

Sebelum kita membahas tentang Tips Saat Interview, saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman interview kerja yang pernah saya alami.

Saat itu saya baru lulus di sebuah SMK Prodi Administasi Perkantoran, kemudian saya mencoba melamar disebuah perusahaan yang bergerak di bidang restoran, kalian pasti tidak asing dengan SOLARIA, nah disitulah saya mencoba untuk melamar kerja.

Awal mula saya mengenal Solaria dari BKK di sebuah SMK, karena pada waktu itu Solaria sedang mengadakan rekrutmen tenaga kerja di SMK tersebut.

Singkat cerita, saya mendaftar di BKK tersebut dan satu minggu kemudian, kami para pendaftar langsung dipanggil interview di sekolahan itu.

Ketika masuk ke ruangan, saya merasa sangat grogi gelisah dan campur aduk rasanya :D
ternyata HRDnya tidak segalak atau sekiller yang saya bayangkan, dia hanya menuntut saya untuk bersikap profesional.
Awal mula saya ditanya tentang data diri pribadi saya, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat ktp, alamat tempat tinggal, berapa saudaranya, tinggal dimana, kerja apa, dan berbagai macam tetek bengek data pribadi yang ditanyakan kepada saya.

Setelah itu, saya cuma disuruh menyerahkan segala formulir lamaran kerja yang saya bawa dan selesailah interview tersebut, singkat amat yak :v
yang ingin saya kata disini adalah, interview kerja tersebut ternyata tidak serumit apa yang saya bayangkan dan ternyata mudah kalau kita bisa menjalaninya.

Singkat cerita, setelah dua minggu saya interview, saya dapat panggilan untuk bisa training dan nantinya saya bisa bekerja dan penempatan sesuai dengan posisi yang saya lamar.
Sebagai informasi, saat itu ada kurang lebih 90an orang yang mengikuti interview tersebut, dan hanya 30 orang yang berhasil lolos ketahap selanjutnya termasuk saya, Alhamdulillah.
Dari pengalaman tersebut Insya Allah saya akan membagikan rahasia dan tips interview yang pernah saya jalani.

Tips Saat Interview Kerja Agar Lolos

Sebelum Melakukan Interview

Jauh sebelum melakukan interview kita harus sudah bersiap untuk mempersiapkannya, diantaranya

1. Berdo'a
Berdo'a adalah senjata orang yang beriman, kalimat tersebut memang sangat tepat. Apa pasal? karena dengan berdo'a, kita akan mempunyai harapan dan kekuatan yang luar biasa, kita akan bergantung kepada Sang Maha Kuasa, karena semua yang terjadi di dunia ini adalah atas Kehendak dan Izin-Nya.

2. Rileks dan Tenang
1 jam sebelum kita masuk ke ruangan interview usahakan kita bersikap tenang dan rileks, karena dengan begitu kita akan sanggup menjawab setiap pertanyaan HRD dengan tepat, kalau merasa resah dan gelisah, mungkin dengan meminum sedikit teh akan menenangkanmu, apabila masih merasa gelisah, tarik nafas dan buang secara perlahan, lakukan sampai kamu merasa nyaman

Saat Interview Berlangsung

Perlu diperhatikan ketika kita masuk di ruangan interview, karena penilaian dimulai dari sana, ketika kita membuka pintu.
HRD sudah dibekali dengan ilmu psikologi yang memungkinkan dirinya bisa membaca sifat dari gerak gerik kita, usahakan untuk bersikap sopan santun tanpa merendahkan diri, dan murah senyumlah.

Lalu sebelum duduk, kalau kursi tempat duduk kita masih menjorok kedalam meja, tarik terlebih dahulu, dan mulailah duduk dengan sikap tegap.

Ketika HRD mengajukan pertanyaan kepada kita, usahakan jawab dengan tenang dengan suara jelas dan berisi, jangan dibuat muter muter atau membingungkan HRD.
Biasanya ada beberapa pertanyaan yang sebenarnya menjebak, seperti 
"Apa Anda sudah pernah bekerja ?, kalau iya, apa alasan Anda keluar dari sana"

Kalau kita sudah pernah bekerja sebelumnya, maka hati hati dengan pertanyaan ini, kita harus menjawab dengan jujur dan rasional, dan tanpa menjelek jelekkan tempat kerja kita sebelumnya.

Dan ada beberapa pertanyaan jebakan juga, seperti 
"Berapa gaji yang Anda inginkan?"
"Apa alasan anda melamar kerja disini?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tidaklah sulit
kalau kita sudah punya skill yang memadai, jawablah berapa gaji yang kita mau dengan pertimbangan rasional, dan sesuai kemampuan kita.
Kalau kita fresh graduate, saya menyarankan untuk menjawab dengan UMR, karena kita tidak tau seberapa jauh kemampuan kita saat ini, dengan pertimbangan lulusan baru, dan siap bekerja dengan profesional.

Setelah Interview

Setelah interview kita lewati, alangkah baiknya kita serahkan dan bertawakkal kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita sudah berusaha, dan adapun hasil, semuanya kita serahkan kepada-Nya.

Demikian, postingan Pengalaman Pribadi Saat Interview Kerja dan Tips Saat Interview Agar Lolos Rekrutmen, semoga bisa bermanfaat untuk semua :)




Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah