Adsense Banner Top

Tips Sederhana Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja yang Asli atau Palsu di Internet


IKIIKU.NET - Info lowongan kerja seringkali dimanfaatkan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi dengan cara menipu.
Mencari lowongan kerja memang membutuhkan sedikit kejelian dan kesabaran, karena banyak juga dari kawan-kawan saya yang terkena penipuan dari pihak yang saya sebutkan diatas.

Maka dari pengalaman itu, saya ingin membagikan sedikit tips mengenali ciri-ciri lowongan kerja yang asli dan semoga bisa meminimalisir kejadian pada kawan saya tersebut agar tidak terulang kembali.

Tips Sederhana Mengenali Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli Atau Palsu di Internet


1. Lihat Sumber Berita Loker

Sering kali kita tidak sadar dengan sumber berita yang kita baca, apakah sumber itu bisa dipercaya atau tidak. Kiat untuk mengecek kebenaran berita tersebut sebenarnya cukup mudah, berikut tipsnya :
  • Lihat domain dari sumber berita loker tersebut, penipu biasanya menggunakan domain gratisan yang mudah dibuat di internet, seperti blog gratisan atau bahkan domain yang jarang kira temukan sebelumnya seperti : domain.tk, domain.ml, domain.cf, domain.ga dll. yang sebenarnya sangat mudah dibuat oleh siapa saja. Sebenarnya bukan domainnya yang salah, karena masih banyak juga kawan-kawan bloger yang masih menggunakan domain tersebut untuk membangun blognya, namun alangkah baiknya untuk waspada jika ada url atau domain tersebut yang menawarkan loker.
  • Jika menggunakan e-mail, pastikan e-mail tersebut dari perusahaan yang kita kenali sebelumnya, untuk penggunaan e-mail gratisan seperti @gmail.com, @yahoo.com dll., besar kemungkinan itu adalah akun perorangan, perusahaan besar sudah pasti mempunyai email custom sendiri yang lebih kredibel, seperti contoh untuk PLN e-mail yang digunakan adalah  @pln.com.
  • Sumber loker asli juga ada yang lewat blog, website, terlebih penyedia website loker resmi, namun, biasanya kita disuruh langsung melamar melalui webstite resmi dari perusahaan yang bersangkutan untuk mengisi formulir secara lengkap atau melalui e-mail yang sudah dicantumkan, dan e-mail tersebut resmi dari perusahaan seperti yang saya sebutkan diatas.

2. Lihat Format Lamaran yang Akan Kita Kirimkan

Saya sering menjumpai loker di internet dengan cara mendaftar yang sangat mudah seperti via SMS, via Whatsapp, atau bahkan e-mail yang sangat sederhana, saya akan bahas secara rinci sebagai berikut :
  • Loker palsu biasa menyuruh kita untuk mengirimkan lamaran via SMS dengan format yang sangat sederhana seperti : NAMA#TTL#ALAMAT#SEKOLAH#TINGGI BADAN#BERAT BADAN#NILAI RATA2 UJIAN, kemudian dikirimkan ke nomor yang sudah disediakan. Besar kemungkinan itu adalah loker palsu, karena perusahaan pasti akan membutuhkan data diri kita secara rinci, tidak dengan format yang sederhana.
  • Untuk via Whatsapp juga tidak jauh seperti format sms yang saya sebutkan diatas.
  • Via e-mail, ini yang perlu kita waspadai adalah alamat e-mail perusahaan, apakah e-mail tersebut resmi dari perusahaan atau hanya e-mail gratisan, seperti @gmail.com, @yahoo.com, dll. apabila menjumpai email gratisan tersebut, alangkah baiknya kita tidak melanjutkan lamaran tersebut, karena besar kemungkinan itu adalah fake atau palsu. Lain halnya jika kita sudah mengenal dengan orang dalam perusahaan yang ingin membantu kita melamar pada perusahaan tersebut. Bisa jadi orang kenalan kita itu tidak menggunakan e-mail resmi perusahaan, melainkan e-mail pribadinya.

3. Perusahaan tidak memungut biaya apapun

Untuk ciri-ciri yang sangat terlihat mencolok adalah poin ini, sebuah perusahaan tidak akan memungut biaya apapun selama proses rekuitmen, jika ada loker yang menawarkan pekerjaan tertentu dengan gaji yang besar tetapi dengan syarat bayar sejumlah uang terlebih dahulu, maka bisa dipastikan itu adalah loker fake atau palsu, terlebih ketika kita berselancar di internet.
Lain halnya dengan kita mengikuti BKK di sekolah-sekolah atau loker via ADM yang biasanya juga resmi dari perusahaan, dan itupun kita diharuskan membayar ketika kita sudah resmi menjadi karyawan pada perusahaan tersebut, atau nantinya gaji kita yang dipotong untuk biaya ADM tersebut.

4. Lihat Kewajaran Kerja dan Gaji yang Akan Kita Terima

Poin ini sangat mudah sekali untuk kita terapkan ketika pertama kali menjumpai loker terkhusus di internet, biasanya seorang yang mempunyai niatan untuk menipu kita akan mati matian mengajak kita agar ikut dengan mereka dengan iming-iming gaji yang besar.
Dari ciri tersebut kita seharusnya sudah tahu bahwa itu adalah loker palsu terlebih terhadap orang yang sama sekali belum kita kenal sebelumnya.

5. Tanyakan Kepada Keluarga, Teman, Guru, ataupun Orang yang Kita Kenal

Langkah yang terakhir apabila kita sudah yakin ini adalah loker yang bisa dipercaya, jangan sungkan bertanya kepada orang lain, terlebih kepada keluarga atau teman yang sudah berpengalaman bekerja. Dengan kita bertanya kita akan lebih mengetahui tentang pekerjaan tersebut.

Demikian Tips Sederhana Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja yang Asli atau Palsu di Internet, semoga bisa bermanfaat :)


Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah