Adsense Banner Top

Cara Pasang dan Membuat DMCA Protected di Blog atau Website

IKIIKU.NET - DMCA Protected merupakan singkatan dari Digital Millenium Copyright Act Protected adalah hukum hak cipta Amerika Serikat yang memberlakukan dua perjanjian World Intellectual property Organization tahun 1996.

Tujuan dari DMCA ini adalah untuk melindungi hak cipta digital di internet yang bisa berupa teks, gambar, video, desain, graphic, desain 3D dan karya cipta digital lainnya, yang bisa diciptakan dan diunggah di internet.

Kalau agan punya blog, atau website, agan juga bisa mendaftarkannya di DMCA dengan tujuan agar tulisan agan tersebut bisa memiliki hak cipta dan apabila dikemudian hari ada oknum yang tidak bertanggung jawab misalnya melakukan kopas, agan bisa mendeteksinya dan melaporkannya kepada DMCA yang diteruskan kepada Google guna mentake down kopasan tersebut.

Nah menarik kan,
Terus, bagaimana caranya mendaftar di DMCA tersebut?

1. Buka dcma.com
2. Klik SIGNUP dipojok atas sebelah kanan, jika agan belum mempunyai akun


3. Klik Get a Free Badge (Untuk mendapatkan widget buat website atau blog kita)


4. Kemudian isi form Register Your Badge, seperti isi First Name, Last Name, dan Email Address
(otomatis kita akan dapat e-mail konfirmasi dari dcma, berisi informasi login kita, termasuk kata sandi otomatis oleh dcma)


5. Kemudian pilih widget yang kita inginkan, pada gambar telihat, banyak pilihan yang tersedia dengan berbagai pilihan variasi warna yang menarik
6. Kemudian copy kode html yang ada di sebelah kanan layar monitor untuk kita pastekan ke blog atau website kita


7. Terakhir, isi form Start Your Free Monitor, dengan mengisikan url alamat blog atau website kita
8. Klik Get Started


9. Pastekan code html yang kita copy tadi pada website atau blog kita, kalau di blogger kita masuk ke menu Tata Letak -> pilih posisi widget -> pilih Html/Javascript -> pastekan kodenya -> klik simpan.

Sampai saat ini, blog atau website agan sudah bisa memperoleh hak cipta oleh DMCA, akan tetapi agar fungsi DMCA bisa berjalan dengan maksimal agan perlu berlangganan kepada DMCA dengan biaya 10$/bulan atau 100$/tahun (pada saat postingan ini dibuat Agustus 2019).

Kalaupun agan ngga berlangganan, tidak masalah, karena sudah bisa berjalan normal protectednya (perlindungan hak ciptanya).

Demikian postingan Cara Pasang dan Membuat DMCA Protected di Blog atau Website
semoga bisa bermanfaat untuk semuanya :)












Adsense Susun Atas

Adsense Artikel Tengah1

Adsense Artikel Tengah2

Adsense Susun Artikel Bawah